TUGAS
SOFTSKILL
MAKALAH
CONTOH DESAIN GRAFIK MENGGUNAKAN
APLIKASI BLENDER
NAMA :
DESSY KAIRANY
NPM :
51412899
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2015
BAB I
PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang
Ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini sangat berkembang, sehingga
manusia dituntut agar dapat mengikuti perkembangannya. Hal ini terlihat dengan
banyaknya bermunculan perangkat lunak untuk membuat suatu objek 2D atau 3D.
Perangkat lunak yang sedang berkembang pada saat ini adalah aplikasi Blender.
Blender menawarkan sesuatu yang menarik yaitu dengan
menambahkan fitur-fitur pencahayaan. Bagian dari perkembangan yang
dipupuk oleh Summer Google kode program, dimana yayasan Blender telah
berpartisipasi sejak tahun 2005. Versi rilis stabil saat ini yaitu 2.64a, versi sebelumnya adalah 2.63a yang di rilis pada mei 2012.
Pada saat ini banyak sekali film animasi yang semakin memperlihatkan resolusi
yang
tinggi yang menciptakan karya yang begitu realistic. Film-film animasi
yang menggunakan perangkat lunak Blender ini yaitu Big Buck Bunny, Sintel,
Tears Of Steel dan masih banyak lagi. Grafik komputer 3 dimensi biasa disebut
3D atau adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi.
Grafik 3 Dimensi merupakan teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat
sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z(miring).Representasi dari data
geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya
terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan
grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link).
Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang
ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk
mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer. Film
tersebut menunjukan bahwa film animasi sekarang semakin berkembang, sehingga
muncul banyak sekali perangkat lunak 3D lainnya. Pada umumnya terdapat
perangkat lunak Blender ini muncul kesulitan seseorang untuk mempelajarinya
dikarenakan sumber referensi pembelajaran yang kurang lengkap. Maka dari itu
kami ini ingin membuat suatu “Light Modeling in Blender”. Ini untuk mempermudah
pembaca mempelajari dan meningkatkan pengetahuannya tentangpenggunaan model pencahayaan pada Blender.
1.2. LANDASAN TEORI
Desain
Pemodelan Grafik
Menurut Suyatno, desain grafik didefinisikan sebagai aplikasi dari
keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industry.
Desain adalah rencana atau gambar yang dihasilkan untuk menunjukkan
tampilan dan fungsi atau kerja dari benda sebelum dibuat.
Pemodelan adalah pola atau contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau
dirancang. Pemodelan merupakan tahap dimana akan dibentuknya suatu objek.
Proses pemodelan memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat
pembuatannya.
Grafik
bersifat matematika, statistika dan sebagainya dalam wujud titik
titik,
garis
garis,
atau bidang
Bidang
yang secara visual dapat menjelaskan hubungan yang ingin disajikan secara baik
untuk penyajian hasil penghitungan. Berikut adalah elemen
elemen
dasar Desain Pemodelan Grafis
Garis
: Terdapat 4 macam bentuk garis yaitu : vertikal, horisontal, diagonal, dan
kurva. Dalam pekerjaan desain grafis, garis digunakan untuk memisahkan posisi
antara elemen grafis lainnya dalam halaman dan digunakan sebagai penunjuk
bagian
1.3.
TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulian makalah desain grafik ini adalah:
1. Untuk
mengetahui penjelasan dari aplikasi BLENDER.
2. Untuk
membuat contoh pemodelan grafis dengan menggunakan aplikasi BLENDER.
BAB II
ISI
2.1.
PENJELASAN BLENDER
Blender,
saat pertama kali mendengar kata itu mungkin saja kita berfikir blender itu
adalah sebuah alat untuk membuat jus, namun dalam dunia Grafis Blender
merupakan salah satu nama aplikasi untuk membuat grafik 3 Dimensi. Blender
merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat
di gunakan di berbagai macam OS (Operating System).lender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
Microsoft Windows
Mac OS X
Linux
IRIX
Solaris
NetBSD
FreeBSD
OpenBSD.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Software ini dapat diperoleh di situs resminya yaitu blender.org. Software ini termasuk software dengan ukuran kecil dan dapat digunakan di berbagai macam OS. Diantaranya Windows, Linux, Ubuntu dan lain lain.
Untuk spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana
- Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg
– Ram 64Mb
– VGA 4Mb
– Disk Space 35Mb
– Windows 2000 dan lebih, Linux,
Bagi yang sudah terbiasa menggunakan 3D Max akan sangat kesulitan ketika pertama kali menggunakan Software ini. Karena tampilan interface Software ini sangatlah berbeda dengan 3DMax.
Tutorial untuk aplikasi ini juga gak terlalu banyak. Sehingga kita akan sulit buat mempelajarinya. Selain itu tutorialnya lebih banyak menggunakan bahasa inggris. Kalian bisa mendapat tutorial blender dalam bahasa indonesia di inbelnder.blogspot.com kunjungi aja situs itu meskinpun tidak bisa mendapatkan tutorial blender yang banyak namun bisa sangat membantu dalam mulai belajar membuat obyek dan animasi menggunakan blender.
2.2.
CONTOH
PEMBUATAN MODEL DESAIN GRAFIS
membuat suatu desain
grafik 3 dimensi ini saya akan membuat sebuah
contoh animasi mobil taxi 3
dimensi sederhana dengan cara seperti berikut ini:
1.
Peratama – tama kita Pastikan dahulu file –
user preferences , lalu kita ceklis
semua yang ada di interface. Jika yang
menggunakan leptop kita buka input
kemudian ceklis juga pada emulate numpad dan emulate 3 button mouse.
2. Selanjutnya kita bilih edit mode
- perbesar dengan klik kiri 2x geser garis warna hijau - klik kiri 4 x
kita geser garis warna biru.
3. Kemudian
kita klik use 3d - kita pilih loopcut lalu kita arahkan
keatas - lalu kita pilih lagi
loopcut dan garis kuning akan muncul jika kita sudah pilih edit mode kita pilih
pada tengah kotak seperti gambar .
4. Lalu
kita ke ujung bagian atas kita klik kanan +sift+tarik kedepan dan kebawah
- kemudian kita lakukan di titik
selanjutnya dengan hal yang sama .
5. Selanjutnya
kita tekan sift tahan kita klik titik –
titik yang ada di bawah untuk menyekeksi titiknya - kita
pilih loopcut - kita arahkan seleksi 4 titik- pilih extrude region - kemudian
kita majukan ke depan . lakukan hal yang sama di bagian belakang kotak sampai kita selesai mengarahkannya.
6. Kemudian
kuta majukan titik yang bawa paling
depan kita pilih loopcut seleksi titiknya dan pilih extrude region dan majukan kedepan begitu juga yang belakangnya.
7. Jika
sudah kita akan pilih lagi loopcut lalu kita arahkan lalu klik kiri tarik ke atas – loopcut lagi
klik kiri arahkan lalu ita trus loopcat sampai arahnya bernar. Hingga menjadi
jendela pada mobil.
8. Lalu
kita seleksi dengan klik kanan pada
bagian seluruh jendela mobil jngan lupa menekan sift , lalu kita klik extrude
region klik kanan lalu kita masukan ke dalam.lalukan hal yang sama pada bagian
sebelahnya .
9. Kita
mulai beri warna pada mobil yang kita buat dengan cara kita pilih material lalu
kita ubah spekulasinya menjadi kecil
supaya tidak terlalu memantul warnanya. Lalu kita pilih warna merah ,kemudian
klik kanan +sift ,kita seleksi untuk kaca kita ganti warna putih dengan cara
yang sama kita pilih warna kuning untuk atas taxinya .
10.
Terakhir kita akan membuat roda mobilnya
kita pilih add – mesh kita pilih
cylinder lalu klik view pindah jadi persepektif kita ganti jadi orto ,
kemudian pilih front + tekan R rubah angkanya menjadi 90 +enter. Rotasi kita perkecil dengan tekan S kemudian
kita atur tempatnya , kita seleksi dengan ctrl +L +sift +D +klik kanan dan
tarik untuk mengkopi rodanya kita pilih mesh lalu pilih mirror x supaya roda tidak terbalik . setelah selsai
kita ke objek mode untuk melihat
hasilnya inilah hasil yang kita buat .
BAB III
PENTUP
3.1. KESIMPULAN
Jadi dalam pembuatan model desain grafis aplikasi BLENDER sangat cocok
digunakan karena
memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem
operasi. Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya
tersedia dan dapat diambil siapa saja. Blender juga menawarkan sesuatu yang
menarik yaitu dengan menambahkan fitur-fitur pencahayaan. Blender ini muncul kesulitan seseorang untuk mempelajarinya dikarenakan
sumber referensi pembelajaran yang kurang lengkap. Maka dari itu mereka ini ingin membuat suatu “Light Modeling in
Blender”. Ini untuk mempermudah pembaca mempelajari dan meningkatkan
pengetahuannya tentangpenggunaan model
pencahayaan pada Blender. Maka tidak
heran Blender banyak di gunakan sebagai pembuatan film animasi yang bergengsi.
3.2. DAFTAR PUSTAKA
Terima kasih makalahnya sangat bermanfaat dan membantu ..
BalasHapushttp://www.sribu.com/id