Minggu, 28 Desember 2014

TUGAS MAKALAH SOFTSKILL



TUGAS SOFTSKILL
MAKALAH CONTOH DESAIN GRAFIK  MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER






NAMA : DESSY KAIRANY
NPM    : 51412899


UNIVERSITAS GUNADARMA
2015




BAB I
PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang
Ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini sangat berkembang, sehingga manusia dituntut agar dapat mengikuti perkembangannya. Hal ini terlihat dengan banyaknya bermunculan perangkat lunak untuk membuat suatu objek 2D atau 3D. Perangkat lunak yang sedang berkembang pada saat ini adalah aplikasi Blender. Blender menawarkan sesuatu yang menarik yaitu dengan menambahkan fitur-fitur pencahayaan. Bagian dari perkembangan yang dipupuk oleh Summer Google kode program, dimana yayasan Blender telah berpartisipasi sejak tahun 2005. Versi rilis stabil saat ini yaitu 2.64a, versi sebelumnya adalah 2.63a yang di rilis pada mei 2012. Pada saat ini banyak sekali film animasi yang semakin memperlihatkan resolusi yang
tinggi yang menciptakan karya yang begitu realistic. Film-film animasi yang menggunakan perangkat lunak Blender ini yaitu Big Buck Bunny, Sintel, Tears Of Steel dan masih banyak lagi. Grafik komputer 3 dimensi biasa disebut 3D atau adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3 Dimensi merupakan teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z(miring).Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer. Film tersebut menunjukan bahwa film animasi sekarang semakin berkembang, sehingga muncul banyak sekali perangkat lunak 3D lainnya. Pada umumnya terdapat perangkat lunak Blender ini muncul kesulitan seseorang untuk mempelajarinya dikarenakan sumber referensi pembelajaran yang kurang lengkap. Maka dari itu kami ini ingin membuat suatu “Light Modeling in Blender”. Ini untuk mempermudah pembaca mempelajari dan meningkatkan pengetahuannya tentangpenggunaan model pencahayaan pada Blender.

  
1.2.  LANDASAN TEORI
Desain Pemodelan Grafik
Menurut Suyatno, desain grafik didefinisikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industry.
Desain adalah rencana atau gambar yang dihasilkan untuk menunjukkan tampilan dan fungsi atau kerja dari benda sebelum dibuat.
Pemodelan adalah pola atau contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan merupakan tahap dimana akan dibentuknya suatu objek. Proses pemodelan memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Grafik bersifat matematika, statistika dan sebagainya dalam wujud titik
 titik, garis
 garis, atau bidang
 Bidang yang secara visual dapat menjelaskan hubungan yang ingin disajikan secara baik untuk penyajian hasil penghitungan. Berikut adalah elemen
 elemen dasar Desain Pemodelan Grafis
 Garis : Terdapat 4 macam bentuk garis yaitu : vertikal, horisontal, diagonal, dan kurva. Dalam pekerjaan desain grafis, garis digunakan untuk memisahkan posisi antara elemen grafis lainnya dalam halaman dan digunakan sebagai penunjuk bagian


1.3. TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulian makalah  desain grafik ini adalah:
1.     Untuk mengetahui penjelasan dari aplikasi BLENDER.
2.     Untuk membuat contoh pemodelan grafis dengan menggunakan aplikasi BLENDER.











BAB II
ISI

2.1.                    PENJELASAN  BLENDER
 Blender, saat pertama kali mendengar kata itu mungkin saja kita berfikir blender itu adalah sebuah alat untuk membuat jus, namun dalam dunia Grafis Blender merupakan salah satu nama aplikasi untuk membuat grafik 3 Dimensi. Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System).
lender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
Microsoft Windows
Mac OS X
Linux
IRIX
Solaris
NetBSD
FreeBSD
OpenBSD.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.

Software ini dapat diperoleh di situs resminya yaitu blender.org. Software ini termasuk software dengan ukuran kecil dan dapat digunakan di berbagai macam OS. Diantaranya Windows, Linux, Ubuntu dan lain lain.
Untuk spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana

- Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg
– Ram 64Mb
– VGA 4Mb
– Disk Space 35Mb
– Windows 2000 dan lebih, Linux,

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan 3D Max akan sangat kesulitan ketika pertama kali menggunakan Software ini. Karena tampilan interface Software ini sangatlah berbeda dengan 3DMax.
Tutorial untuk aplikasi ini juga gak terlalu banyak. Sehingga kita akan sulit buat mempelajarinya. Selain itu tutorialnya lebih banyak menggunakan bahasa inggris. Kalian bisa mendapat tutorial blender dalam bahasa indonesia di inbelnder.blogspot.com kunjungi aja situs itu meskinpun tidak bisa mendapatkan tutorial blender yang banyak namun bisa sangat membantu dalam mulai belajar membuat obyek dan animasi menggunakan blender.

2.2.                     CONTOH PEMBUATAN MODEL DESAIN GRAFIS
membuat suatu desain grafik 3 dimensi ini saya akan membuat sebuah  contoh animasi mobil  taxi 3 dimensi sederhana dengan cara seperti berikut ini:
1.     Peratama – tama kita Pastikan dahulu file – user  preferences , lalu kita ceklis semua yang  ada di interface. Jika yang menggunakan leptop kita  buka input kemudian ceklis juga pada emulate numpad dan emulate 3 button mouse.
2.     Selanjutnya kita bilih edit mode - perbesar dengan klik kiri 2x geser garis warna hijau  - klik kiri 4 x kita geser garis warna biru.

3.     Kemudian kita klik use 3d - kita pilih loopcut lalu kita arahkan keatas  -  lalu kita pilih lagi loopcut dan garis kuning akan muncul jika kita sudah pilih edit mode kita pilih pada tengah kotak seperti gambar .

4.     Lalu kita ke ujung bagian atas kita klik kanan +sift+tarik kedepan dan kebawah -  kemudian kita lakukan di titik selanjutnya   dengan hal yang sama .

5.     Selanjutnya kita tekan sift  tahan kita klik titik – titik yang ada di bawah untuk menyekeksi titiknya - kita pilih loopcut - kita arahkan seleksi 4 titik- pilih extrude region - kemudian kita majukan ke depan . lakukan hal yang sama di bagian belakang kotak  sampai kita selesai mengarahkannya.

6.     Kemudian kuta majukan titik yang bawa  paling depan    kita pilih loopcut  seleksi titiknya dan pilih extrude region  dan majukan kedepan   begitu juga yang belakangnya.

7.     Jika sudah kita akan pilih lagi loopcut lalu kita arahkan  lalu klik kiri tarik ke atas – loopcut lagi klik kiri arahkan lalu ita trus loopcat sampai arahnya bernar. Hingga menjadi jendela pada mobil.

8.     Lalu kita seleksi dengan klik kanan  pada bagian seluruh jendela mobil jngan lupa menekan sift , lalu kita klik extrude region klik kanan lalu kita masukan ke dalam.lalukan hal yang sama pada bagian sebelahnya .

9.     Kita mulai beri warna pada mobil yang kita buat dengan cara kita pilih material lalu kita ubah spekulasinya menjadi  kecil supaya tidak terlalu memantul warnanya. Lalu kita pilih warna merah ,kemudian klik kanan +sift ,kita seleksi untuk kaca kita ganti warna putih dengan cara yang sama kita pilih warna kuning untuk atas taxinya .

10.          Terakhir kita akan membuat roda mobilnya kita pilih add – mesh kita  pilih cylinder lalu  klik view  pindah jadi persepektif kita ganti jadi orto , kemudian pilih front + tekan R rubah angkanya menjadi 90 +enter.  Rotasi kita perkecil dengan tekan S kemudian kita atur tempatnya , kita seleksi dengan ctrl +L +sift +D +klik kanan dan tarik untuk  mengkopi rodanya  kita pilih mesh  lalu pilih mirror  x supaya roda tidak terbalik . setelah selsai kita ke objek mode  untuk melihat hasilnya inilah hasil yang kita buat .





BAB III
PENTUP

3.1. KESIMPULAN
Jadi dalam pembuatan model desain grafis aplikasi BLENDER sangat cocok digunakan karena memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi. Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja. Blender  juga menawarkan sesuatu yang menarik yaitu dengan menambahkan fitur-fitur pencahayaan. Blender ini muncul kesulitan seseorang untuk mempelajarinya dikarenakan sumber referensi pembelajaran yang kurang lengkap. Maka dari itu mereka  ini ingin membuat suatu “Light Modeling in Blender”. Ini untuk mempermudah pembaca mempelajari dan meningkatkan pengetahuannya tentangpenggunaan model pencahayaan pada Blender. Maka tidak heran Blender banyak di gunakan sebagai pembuatan film animasi yang bergengsi.

3.2. DAFTAR PUSTAKA






1 komentar: